Social Media Marketing: Strategi Marketing Favorit Pebisnis Pemula

Facebook
Twitter
WhatsApp

Ekosistem digital marketing semakin hari semakin berkembang. Beragam perangkat pendukung, inovasi-inovasi yang semakin kreatif dan memudahkan pengguna terus diciptakan. Dewasa ini semakin banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemasaran secara online, mulai Media Sosial sampai market place yang lebih kompleks. Kemajuan teknologi inilah yang juga dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku bisnis mulai dari yang pemula hingga profesional.

Banyaknya jenis media sosial dan market place beserta segudang karakter dan perangkatnya, memberikan pilihan kepada pengguna sesuai kebutuhannya. Bagi para pelaku usaha pemula biasanya lebih suka menggunakan Media Sosial sebagai media mereka memasarkan produknya dibanding langsung ke marketplace. Hal yang sangat wajar, karena memang media sosial menawarkan beberapa kelebihan berikut dibanding media online marketing lainnya :

1.Fitur lebih mudah dan simpel

Media Sosial menyediakan fitur yang lebih simpel dan mudah untuk digunakan, dibandingkan dengan media promosi website ataupun market place. Media Sosial lebih mudah dipelajari oleh pengguna yang awam sekalipun. Tidak terlalu banyak fitur dan langkah-langkah yang membingungkan atau membutuhkan kompetensi khusus seperti layaknya website dan market place.

Dalam memposting konten produk pun juga sangat praktis. Menjadikan media sosial lebih mudah digunakan pemula karena media ini sudah familiar dengan mereka, bahkan sebelum memulai menggunakannya sebagai strategi digital marketing.

2.Banyak pilihan Media Sosial dengan berbagai karakter

Jenis Media Sosial pun banyak dan biasanya satu pengguna memiliki lebih dari satu akun Media Sosial. Sebagai pemula kita bisa menentukan Media Sosial mana yang cocok untuk memasarkan produk. Jika suka bermain kata, maka bisa menggunakan twitter, suka berkreasi dengan foto dan video bisa memilih instagram.

3.Modal tidak besar

Sebagai pebisnis pemula dengan modal terbatas, pilihan pemasaran di Media Sosial menjadi pilihan yang sangat menarik. Tidak perlu biaya untuk sekedar membuat akun Media Sosial dan memposting konten-konten produk jualan. Tidak seperti website yang perlu membayar untuk membuat domain dan halaman agar tidak hilang, akun Media Sosial tidak memerlukan biaya alias gratis!

Meskipun terdengar begitu mudah, bukan berarti bahwa siapapun bisa sukses berbisnis melalui media sosial. Karena strategi apapun selalu memiliki tantangannya tersendiri. Termasuk yang satu ini, supaya Anda bisa berhasil mencapai target, sebaiknya lakukan hal-hal berikut :

1.Lakukan riset dan tentukan Media Sosial apa yang digunakan

Seperti diulas sebelumnya, bahwa setiap Media Sosial membawa pengguna dengan karakter yang khas dan berbeda dengan pengguna Media Sosial lain. Analisalah lebih dulu mana yang paling sesuai dengan produk yang akan dipasarkan. Variabel yang bisa dipertimbangkan diantaranya : karakter pengguna Media Sosial, tren pengguna, jumlah pengguna, fitur-fitur yang menunjang untuk melakukan marketing online.

2.Pelajari pemasaran yang dilakukan pesaing

Cari tahu akun-akun dengan produk serupa dan pelajari traffic akun tersebut. Bagaimana dia memasarkan produk dengan konten-kontennya, bagaimana merespon follower dan konsumennya, tren followernya, bahasa apa yang lazim digunakan, bahkan juga dari segi productnya pun butuh kita pelajari.

Hal ini sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dan kompetitif untuk produk kita. Selain itu, bagi pebisnis pemula yang masih awam, mencari tahu produk dan cara pemasaran pesaing juga dapat memberikan wawasan baru dan gambaran awal bagaimana kita akan memulai bisnis di Media Sosial tersebut.

3.Design product dan konten

Setelah mengetahui kondisi pasar dan pesaing, maka kita bisa mulai mendesign produk agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan kompetitif dengan pesaing. Rancanglah produk yang menjawab kebutuhan, kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi.

4.Buatlah akun Media Sosial dan mulai update konten

Setelah semua sudah dipikirkan matang-matang, mulailah membuat akun pada Media Sosial yang dipilih. Ada baiknya kita tidak hanya membuat satu akun Media Sosial saja, tapi juga di beberapa Media Sosial.

Kenapa? Hal ini untuk perluasan pasar. Semakin luas produk kita dikenal, semakin besar peluang pembelian. Dan tentunya, konten-konten yang akan ditampilkan juga harus disesuaikan dengan karakter Media Sosialnya. Jika memilih menggunakan instagram, maka buatlah konten yang semenarik mungkin dalam bentuk foto atau video, juga kata-kata yang menarik minat pengunjung untuk membeli. Usahakan juga foto yang diambil jelas, fokus, jernih dan sangat mewakili produk kita.

5.Cari follower aktif

Follower menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan sebab follower adalah pasar dan calon pembeli kita. Usahakan kita tidak menempuh jalan instan dengan membeli follower. Karena seringnya yang seperti ini hanya berisi akun-akun mati yang tidak diurus lagi. Untuk apa terpampang banyak jumlah followernya tapi bukan akun aktif? Maka sebenarnya sama saja kita tidak punya follower. Tidak ada yang akan berkunjung ke laman kita apaalagi membeli produk kita. Oleh karena itu, lebih baik mencari follower secara sehat saja, sehingga akun-akun yang memfollow kita benar-benar akun aktif dan berkunjung ke laman kita, atau sekedar memberikan like dan komentar.

admin

admin

Leave a Replay

Follow Us

Recent Posts

About Me

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Weekly Tutorial

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit