Alasan Media Sosial Menjadi Online Marketing Yang Banyak Diincar

Facebook
Twitter
WhatsApp

DIlansir dari situs tirto.id, Penelitian yang dilakukan oleh We Are Social pada 2016 menyatakan dari 7,395 miliar populasi dunia, ada 2,307 miliar orang yang aktif menggunakan jejaring sosial. Di Asia Tenggara, terdapat 234 juta pengguna atau sebanyak 30 persen dari total populasi yang aktif di internet.

Angka yang besar? Tentu saja! Tak ada yang memungkiri kalau media sosial menjadi ceruk pasar yang sangat menggiurkan bagi pelaku bisnis. Tidak perlu menciptakan crowded baru, cukup ikut bergabung dengan media sosial tersebut dan mempromosikan produk kita.

Sama sekali tak mengherankan jika pada akhirnya banyak pebisnis bahkan dari brand-brand besar yang semakin banyak melirik ke berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube dan bahkan Linkedin. Karena faktanya ada banyak peluang dan manfaat yang bisa Anda dapatkan untuk mengembangkan bisnis seperti berikut ini :

1. Product Development

Sesuai sub judulnya, pengembangan produk bisa dilakukan melalui data pelanggan atau calon konsumen yang kita dapatkan dari media sosial. Saat ini media sosial menawarkan fitur yang mampu memberikan informasi tentang tren pengunjung atau pengguna. Mulai dari jenis kelamin, usia, tren produk yang digemari, hobby dan sebagainya.

Fitur komentar di media sosial juga memudahkan kita mengetahui bagaimana tanggapan konsumen atas produk kita: keluhan atau kepuasan. Sebagai pelaku usaha, data-data ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk mengembangkan produk agar lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2.Jangkauan pasar lebih luas

Dengan menjamurnya penggunaan media sosial oleh beragam kalangan, yang tentunya jumlah penggunanya sangat tinggi, menjadi peluang besar dalam mempromosikan produk secara lebih luas. Apalagi hampir setiap orang yang menggunakan media sosial, memiliki lebih dari satu akun media sosial. Hal ini semakin memperluas peluang jangkauan pasar yang bisa di raih.

Sebagai pemasar, kita bisa memanfaatkan aneka platform media sosial/ menggunakan lebih dari satu akun media sosial untuk promosi. Setiap media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing, yang ini juga mencerminkan bagaimana karakter penggunanya. Misanya twitter yang berisi cuitan kata-kata, biasanya penggunanya lebih kritis. Instagram yang banyak share foto dan video, dengan karakter pengguna yang lebih suka seni, karena konten yang bisa diupload berupa foto dan video. Nah, karakter setiap media sosial yang berbeda ini juga memudahkan kita untuk mendesign strategi pemasaran agar lebih sesuai dan tepat sasaran. Dengan begitu, pasar yang bisa dijangkau lewat beragam media sosial ini akan semakin luas.

3.Melihat persaingan pasar

Sebagai pelaku usaha tentunya kita juga harus aware dengan produk dan pemasaran yang dilakukan oleh pesaing. Dengan mengetahui bagaiamana pemasaran dan keadaan bisnis pesaing, dapat menjadi pijakan dan pertimbangan dalam menentukan strategi bisnis kita supaya tetap bertahan dan tidak kalah saing.

Media sosial sangat memberikan kita kemudahan untuk mencari tahu strategi pemasaran dan produk dari pesaing kita, termasuk melihat juga bagaimana respon pelanggan terhadap produk pesaing. Hal ini dikarenakan media sosial sangat terbuka dan mudah diakses siapapun.

Dengan mencari tahu keadaan pesaing, konten produknya, cara memasarkannya dan respon pelanggannya, kita bisa mengevaluasi milik kita dan menyusun strategi bersaing agar menang. Tapi tentu saja yang juga perlu diwaspadai adalah, pesaing juga bisa melihat apa yang kita lihat tersebut.

4.Menjadi lebih dekat dengan konsumen

Di setiap media sosial yang saat ini marak digunakan, selalu disediakan kolom komentar yang bisa diisi siapa saja. Pengguna media sosial gemar mengisi kolom komentar apalagi untuk brand dari produk yang mereka sukai ataupun dibenci. Kolom komentar itu akan berisi respon kepuasan, keluhan, permintaan/ usulan produk ataupun mengajak teman-temannya untuk ikut mengonsumsi produk tersebut jika mereka puas.

Secara tidak langsung kolom komentar ini membuat pelaku usaha akan lebih dekat dengan konsumennya lewat percakapan di komentar ataupun direct message yang bisa diakses siapapun. Kemudahan ini hendaknya dimanfaatkan dan dioptimalkan oleh pelaku bisnis untuk terhubung lebih dekat dan menerima masukan-masukan konsumennya. Karena setiap komentar yang direspon dengan cepat dan tepat akan memunculkan kepuasan pelanggan, dan itu bisa berefek baik sekali untuk pelaku usaha.

Apa itu? konsumen kita akan membantu memasarkan produk kita kepada teman-temannya tanpa kita minta mereka melakukannya. Dan jika mereka kecewa, ini juga akan berbahaya karena mereka bisa mencegah teman-temannya membeli produk kita. So, jadilah lebih dekat dengan konsumen, layani dengan baik agar tercipta kepuasan pelanggan.

5.Lebih murah

Digital marketing lewat media sosial termasuk promosi yang murah, tidak perlu modal terlalu banyak seperti halnya pemasaran konvensional. Kita cukup membuat akun, mengupload konten, mencari pengikut, melakukan promosi di media sosial secara gratis. Jika ingin membuat konten yang lebih bisa menjangkau pasar luas dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar di media sosial, secara biaya pun masih lebih murah dibandingkan beriklan di media komunikasi layaknya TV atau media cetak. Sehingga, memasarkan produk di media sosial benar-benar menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

admin

admin

Leave a Replay

Follow Us

Recent Posts

About Me

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Weekly Tutorial

Sign up for our Newsletter

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit